RSS

Banana Cake

23 Mar

 

Lagi lumayan suka bikin kue… 😉

Saya prefer kue yang ada isi buah/sayurannya ketimbang yang isinya manis2 saja, rasanya lebih sehat aja (rasanya lho ya). Carrot cake, banana cake, dan kue2 buah lainnya saya pasti lebih suka daripada kue vanilla aja misalnya.

Nah, mumpung ada yang minta dibikinin banana cake, saya coba deh nyari resep yang paling gampang. :p Ketemu di sini.

Resepnya saya konversi ke metric, begini hasilnya:
Bahan:

210 gr tepung serbaguna (segitiga)
4 pisang matang (saya pake raja bulu yg gede)
60 gr unsalted butter, lelehkan
150 gr gula, (boleh ganti gula merah jika suka)
1 bh telur, kocok dengan whisker/mixer
1 tsp bubuk vanilla
1 tsp baking soda
1/8 tsp garam

Cara (diterjemahkan dari web Christine):

  1. Panaskan oven di suhu 175C (350F).
  2. Haluskan pisang, boleh dengan blender/food processor. Aduk, ratakan mentega leleh dengan sendok kayu atau spatula. Masukkan gula, kocokan telur dan vanila. Taburkan baking soda dan garam.
  3. Ayak tepung di atas adonan, kira-kira sepertiga bagian tiap kali. Aduk rata, tidak perlu terlalu heboh. Yang penting adonan tercampur sempurna..
  4. Pindahkan ke loyang 4×8 inch yang sudah diolesi mentega. Panggang sekitar 1 jam. Jangan lupa tes dengan lidi/tusuk gigi. Enjoy!
Catatan:
  1. Kata Christine, lebih baik tidak pake mixer listrik, karena berpotensi over-stirring. Lebih baik gunakan sendok kayu atau whisk.
  2. Saya coba dua kali, yg pertama ga ikutin resep secara strict, hasilnya bantet, tapi anak2 suka banget, langsung abis. Mungkin karena unsur utamanya yang mereka suka: pisang, pisang dan pisang. Dicoba kali kedua, masih agak bantet gitu penampilannya, tapi sudah lebih mengembang dari yang kemarin, tapi sptnya masih kurang ngembang. Mungkin karena saya pake baking powder? Next time saya coba lagi pake baking soda (soda kue).
Advertisements
 
2 Comments

Posted by on March 23, 2012 in bake, cake

 

Tags:

2 responses to “Banana Cake

  1. febee

    March 27, 2012 at 4:17 pm

    Kaya nya enaaak niihhh…

     
  2. Ing

    March 27, 2012 at 10:59 pm

    yum yum! glad u are baking again! :))

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: