RSS

Siomay Bandung

13 Jun

siomay-bandung

Sore-sore, terkadang saya merindukan siomay abang-abang yang lewat depan rumah waktu masih tinggal di sebuah gang mungil di Tanjung Duren.

Di sini… di dalam cluster yang dijaga satpam 24 jam ini, boro-boro! Kalau kangen makanan ala pedagang keliling gini, saya mesti keluarin mobil, lengkap dengan tiga orang krucil, yang mana satu orangnya masih bayi yang belum bisa duduk. Oh, repotnya demi sepiring siomay yang harganya tidak sampai Rp 10.000.

Demi balas dendam, saya pun coba bikin siomay sendiri. Udh bbrp kali bikin yang ala dimsum, tapi yg ala abang2, alias siomay bandung yang rada kenyal2, aku juga suka.

Ini resepnya:

150gr tenggiri
100gr udang
100-150gr sagu
4 bwg mrh halusin
4 bwg putih halusin
1 putih telor
120gr labu siam parut (peres airnya)
wortel sesuai selera
daun bwg iris haluuus
merica, garam, gula
bubuk ayam/jamur
50-150ml air
myk wijen
kecap ikan dikit
(boleh juga tambahin jamur shitake cincang)

Haluskan tenggiri dan udang. Aduk rata dengan labu siam, wortel, daun bawang. Tambahkan garam, merica, gula, bubuk ayam. Masukin putih telor, aduk rata. Dikit2 tambahin airnya, sampe kecampur rata (jangan semua dimasukin, sisain dikit, buat jaga2 kalo adonan terlalu liat). Masukin sagu, dikit2 juga, uleni pake tangan. Abis itu bentuk deh. Kukus di kukusan yang dah dipanasin sebelumnya. Pake kukusan kayu lbh ok loh. Oh ya, kalo mau pake kulit pangsit, ya sok aja, atuh. Mangga.

siomay1

Resep saus kacangnya:
200 gr kacang kupas kulit — sangrai — alusin (pake kacang goreng juga boleh, tapi lebih berminyak ya)
1 bh kentang gede, rebus, haluskan
cabe merah sesuai selera
3 siung bawang putih
garam
gula merah (brown sugar)
gula pasir
bubuk ayam
air
minyak untuk menumis

Tumis bawang putih & cabe yang udah dihaluskan. Masukin semua bahan lain. Air tambahkan sesuai tingkat kekentalan yang diinginkan. Kalo ga ada kentang, ubi merah juga boleh, fungsinya biar sausnya kental mantap. 🙂

Lengkapi dengan kecap manis & jeruk limo dong…

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on June 13, 2011 in fishy, prawny, veggie

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: