RSS

Pempek (bagian II) – Resep

31 May

themakingofpempek

Ok. Sekarang kita sampai ke bagian resep.

Ini resep pempek ala ibu saya, yang karena beliau adalah orang Bangka, tentu saja alirannya adalah aliran purist, minimalis abis. Tidak pake bawang putih, bawang merah. Hanya ikan, sagu, dan air. Si Mama berkali-kali menekankan: Jangan terlalu diuleni, nanti alot! Jadi, yang membedakan adalah, tangan yang mengerjakan adonan ini.

Bahan:

– 1 kg ikan utuh — biasanya pake tenggiri
– ½ – ¾ gelas air (ukuran gelas kecil sekitar 200ml)
– 600-700gr tepung tapioka kualitas bagus (misal cap tani)
– garam, penyedap (kalo suka), gula (kalo suka), ada yang bilang kalo pake gula ntar efeknya jadi cepet item pas digoreng

Cara:
Kerok ikan dan haluskan (kira2 dapet 600 gr). Ratakan daging ikan dengan garam dan penyedap. Masukin air ½ gelas sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dengan tangan. Cicipin dikit dah pas belum rasanya (berhubung ini ikan mentah, mungkin bisa diambil sedikit , dan dimatangkan dalam air mendidih).
Masukin tepung dikit-dikit sambil diratakan seperlunya, asal rata aja.

Here’s the tricky part: Jangan terlalu kuat menguleninya begitu tepung masuk, krn nanti jadi liat banget. Pempek yang baik teksturnya adalah yang sudah bisa dipulung, bisa dengan bantuan sagu di tangan — jangan terlalu banyak ntar (lagi-lagi) alot. Jadi kira-kira gini: dalemnya gak papa agak lembek, tapi bagian luarnya dah cukup firm.
Bentuk2 empek2nya menurut selera.

Didihkan air. Cemplungin. Tunggu sampai mengapung. Cek kematangan dengan membelah pakai pisau.

Jangan lupa melumuri tangan dengan tepung selama memulung. Semoga berhasil.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on May 31, 2011 in fishy

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: