RSS

Green Tea Pound Cake

16 May

Kami semua penggemar green tea. Yang namanya Greentea Latte *bux, pasti jadi rebutan dari papa-mama-dan dua krucilnya (yang satu masih bayi jadi belom bisa rebutan).

Ceritanya, aku lagi belanja-belenji bahan-bahan bikin kue di sebuah TBK yang laris banget, ga jauh dari rumah. Pas lagi di situ, nemu bubuk green tea nyempil di tengah bahan-bahan bubuk lain. Langsung deh ambil, walaupun harganya lumayan mahal untuk kemasan semungil itu, Rp 30 ribu 50gr.

Tapi, ternyata lumayan banget, dari 50 gr itu aku berhasil bikin kue dua loyang ukuran 20×4 (satu loyang bronis, satu loyang oval kayak di foto), belum termasuk beberapa gelas green tea latte yang menurut review yang minum, “Mirip banget rasanya sama yang *bux!”  Nah looo…

Resepnya ngambil di sini. Katanya hasil karya Nick Malgieri, yang aku tak tahu siapa itu. Hihihihihi.

Kutulis ulang resepnya dalam bahasa Indonesia dan ukuran metrik ya. Tapi dicek juga ke resep aslinya, siapa tau aku salah konversi. Hehehee.

Green Tea Pound Cake

makes one 9×5 loaf or two mini loaves
recipe from Fountain of Life Green Tea Company

bahan

280 gr terigu serba guna (bungkus biru bogasari)
2 tbsp bubuk green tea (aku ga tau brp gram, beli sendok ukur aja ya, berguna banget kok)
2 tsp baking powder
250 gr unsalted butter (lunakkan)
220 gr gula bubuk
5 telur ukuran besar, pisahkan kuning dan putihnya
pinch of salt (aku ga tau brp ni takaran pinch, jadi aku ambil aja sejumput garam)

cara:

1. Alasi loyang dengan kertas roti, olesi dengan mentega. Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan, suhu 160C. Campur tepung terigu, bubuk green tea, dan baking powder sampai tercampur rata.
2. Kocok mentega dan gula bubuk sekitar 3 menit atau sampai terasa ringan (bener ga ya terjemahannya –> until light). Masukkan dan kocok kuning telur satu per satu,  sambil sesekali dibantu spatula untuk meratakan adonan yang nempel di mangkok kocok.  Masukkan tepung, aduk rata dengan cara aduk-lipat bahan kering (terigu yang sudah dicampur dengan greentea dan baking powder) menggunakan spatula.
3. Setelah itu campur putih telur dengan garam di dalam mangkok lain. Kocok dengan kecepatan sedang sampai berbusa putih. Turunkan kecepatan, dan kocok lagi putih telurnya sampai mengembang dan berpuncak tumpul.
4. Dengan cepat, masukkan kocokan putih telur ke dalam adonan pertama. Aduk sampai benar-benar rata, sampai tidak ada busa putih telur tersisa.
5. Masukkan ke dalam loyang, ratakan bagian atasnya. Panggang sekitar  45 menit  atau sampai tes-tusuk-dengan-tusuk gigi-nya sukses. Dinginkan, potong-potong deh.


Enak lo… Ini aku pake campuran mentega+margarin, dengan perbandingan asal-asal. Menteganya punyanya pas merk Wijsman, takut eneg. Kata suamiku nendang banget menteganya. :p

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on May 16, 2011 in bake, cake

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: