RSS

Perkedel Daging

16 Feb

Special treat for the kids. Ada yang sebut perkedel, tapi banyak juga yang sebut bergedel, khususnya mereka yang adalah penutur asli bahasa Jawa (?), cmiiw.

Siapa sih yang ga bisa buat makanan satu ini? Pasti ibu-ibu jago deh bikin masakan satu ini dan mungkin juga ahli membuat variasi2nya.

Makanan yang ga susah dibikin ini pertama kali aku coba waktu praktek masak di SMP. Masih inget repotnya bagi-bagi tugas, bawa kompor, bawa kentang, kornet, dll :). Saat itu bisa bikin perkedel aja bangganya udah setengah mati, rasanya paling jago masak deh sedunia… hahahahaha.

Sekarang, dengan kosakata kuliner makin banyak, ternyata tidak semua perkedel enak. Perkedel terenak yang kutemukan adalah di sebuah restoran padang di daerah Puncak, Jakarta, udah gede, enak banget lagi rasanya.

perkedel

Bahan:
3 bh kentang dieng besar, kupas, potong-potong, goreng, haluskan dengan ulekan
100 gr daging giling — kukus sebentar — supaya pasti matengnya
*daging giling boleh diganti kornet
tepung panir
daun bawang, iris tipis-tipis
seledri, iris tipis-tipis
3 sg bawang putih — haluskan
garam
telur kocok
keju parut (optional)

Cara membuat:
Campur kentang halus dengan semua bahan lain (termasuk tepung panir) dan 1/2 bagian telur kocok. Bentuk bulat, terus pipihkan. Celupkan ke dalam 1/2 bagian telur kocok yang lain. Goreng dalam minyak banyak.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on February 16, 2010 in kentang

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: