RSS

Dadar Gulung Kotak – Tamagoyaki

01 Dec

dadargulungJepun2

Kalo tidak salah dadar yang dipresentasikan dalam bentuk gulung seperti ini disebut tamagoyaki. Biasanya orang Jepang membuatnya dengan bantuan panci yang berbentuk kotak/persegi panjang, sehingga lebih mudah dalam menggulungnya.

Maaf ya buatan saya masih jauh dari rapi, harusnya bentuknya kotak sempurna, dan batas antar lapisan tidak terlihat jelas. Itu rumput laut pengikatnya juga ga konsisten banget lebarnya.. duh duh.. maklum masih belajar & peralatan terbatas. Nanti saja kalau sudah punya banyak waktu buat praktek 🙂

dadargulungJepun

Gambar di atas dihasilkan oleh:

  • 3 butir telur
  • 2 sdm air rendaman jamur shitake kering, bisa digantikan air biasa juga.
  • 1 sdm gula
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt shoyu/kecap asin Jepang
  • sedikit irisan nori untuk menghias

Cara:

  1. buat dadar dari kira-kira 1/4 bahan
  2. jika sudah matang, gulung lapisan ini sambil dibawa menjauh ke pinggir
  3. tuangkan lagi 1/4 bahan, jika sudah matang, teruskan gulungan yang sudah ada, gulung dengan arah berlawanan — mendekat ke kita. jika sudah tergulung, dorong menjauh lagi ke pinggir.
  4. ulangi sampai semua bahan terpakai.
  5. iris dengan pisau yang tajam.
Advertisements
 
5 Comments

Posted by on December 1, 2009 in telur

 

Tags: ,

5 responses to “Dadar Gulung Kotak – Tamagoyaki

  1. adrianna

    January 5, 2010 at 5:27 pm

    mba, rendaman jamur sintake itu bahan utama ya?
    kalo misal ga pake itu boleh ga? (blush)

     
    • devi

      January 5, 2010 at 5:41 pm

      mmm.. idenya sih sebenarnya untuk memberikan rasa jamur (kaldu jamur) ke telur. kalo di jepang, mereka pake dashi soup stock> http://japanesefood.about.com/od/soup/a/aboutdashisoup.htm, di korea (bener kamu di korea?) pasti ada substitutenya d. kalo ampe ga ada pake aer juga gpp kali yaaa :p
      emang jamur shitake kering ga ada di situ? jamurnya ntar bisa buat bikin nasi jamur -> pake rice cooker juga bisaaaa.. hehehehe

       
      • adrianna

        January 5, 2010 at 7:22 pm

        saya agak kurang jamur shintake (blush)
        rasanya aneh mba, hohoho
        iya, saya skr di Korea 😀 musti masak soalnya saya tinggal di dorm yg ga dikasih makan, hehe

         
  2. eggrolllovers

    August 2, 2010 at 4:56 pm

    mbaa saya blm paham yang cara nggulungnya itu .. maksutnya bahan pertaman yang sudah matang dan digulung tidak diangkat dulu dan langsung ditumpuk dengan bahan kedua atau bagaimana ya ?

     
    • me

      August 3, 2010 at 2:49 pm

      halo eggrolllover..

      lapisan sebelumnya kan digulung tuh… trus dipinggirin di wajan.. trus kasih de lapisan kedua, lapisan pertama jadinya ada di atas. Kalo dah rada mateng, gulung lagi dari lapisan teratas. Trus gitu ampe abis bahannya. O ya, gulungnya sambil dibentuk kotak ya..

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: