RSS

Sushi Express

23 Nov

sushi

Setelah berhasil meyakinkan diri bahwa sushi bisa dibuat sendiri di rumah dengan mudah, maka saya pun coba buat deh. Ini dia my very first sushi ever. Sushikere :p karena tidak ada condiment-nya. Hanya dimakan dengan tamagoyaki tanpa shoyu (kecap asin jepang), wasabi, maupun gari (acar jahe).

Sedikit info:
Sushi yang digulung seperti ini disebut makizushi/sushi rolls. Yang gulung pake tangan bentuk cone disebut temaki. Yang dikepal bulat-bulat disebut nigiri. http://en.wikipedia.org/wiki/Sushi

My boys (yang udah kumisan maupun yang kecil), dua-duanya penggemar berat sushi. Mereka berdua, yang beda usianya 28 tahun ini, juga sering rebutan yang namanya seaweed/nori.

Nah, karena nori lembaran satu pak harganya cuma 20 ribuan, beras pulen juga gampang didapat, mengapa tidak coba buat sushi sendiri. Cuka beras ada. Garam dan gula juga pasti ada di setiap rumah.

sushi2Karena bikinnya darurat, fillingnya hanya kyuri saja, memang sudah niat bikin, tapi belum sempat beli wijen, crabstick, dan tobiko. Akibatnya sushinya jadi kelihatan suram tidak berseri, sendu gitu deh.

Untuk menemani ‘snack berat’ ini, saya kasih tambahan tamagoyaki, alias dadar gulung persegi yang masih berantakan banget ngelipatnya.. hohoho.. maklum amatir.

Sushi-nya juga masih kurang rapi, masih perlu latihan menggulung lebih ketat. Soal rasa sih ehmmm.. dalam waktu 15 menit sudah tandas tuh. :p

Lain kali pasti coba lagi, karena Joel udah booking minta dibikinin lagi. *entah kenapa akhir2 ini dia suka repeat order, mungkin masakan Mama begitu enaknya kah buat dia?*

ps. sorry foto yang ke-2 ga fokus, dijepretnya dalam keadaan kurang cahaya dan perut lapar.

Advertisements
 
1 Comment

Posted by on November 23, 2009 in rice & pasta

 

Tags: , ,

One response to “Sushi Express

  1. duniananda

    July 20, 2010 at 8:06 pm

    hi mbak salam kenal! 🙂

    resepnya patut dicoba nih,tapi saya juga search video bikin sushi untuk pemula di youtube, barulah saya bener-bener ngerti maksudnya hehehehe…

    thx for sharing ya mbak! 🙂 🙂

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: