RSS

Telur Kukus Jamur

22 Nov

telurkukus

Makanan satu ini super duper gampang dan tidak merepotkan. Selain bahan-bahannya yang simpel, dapur bebas minyak, masaknya tidak perlu dijagain 🙂 Yang penting bahan-bahannya segar. Harus dimakan begitu selesai dikukus… wuuhh… uenak banget. Lembut sekali di lidah.

Dalamnya seperti ini:

telurkukus-detil

Yang penting siapkan (untuk tiga porsi):

  • telur ayam segar 2 butir – aduk pelan, usahakan jangan banyak busa
  • air 150 ml
  • kecap ikan
  • kecap asin
  • merica sedikit
  • daung bawang bagian putihnya
  • crabstick
  • jamur (di sini pake shimeji putih)

Kecap ikan & kecap asin sudah cukup memberikan rasa asin, tetapi memang jika dirasa kurang asin, tambahkan saja sedikit garam.

Untuk hasil yang lebih lembut, tutup mangkuk sajinya dengan aluminium foil.

bumbu2

Gambar di atas minus telur 🙂 supaya telur kukus ini enak, kecap-kecapnya harus yang berkualitas baik. Kecap ikan yang saya pakai buatan Thailand, merk Oyster. Saya dulu pernah pake merk yang gambarnya ikan, botol plastik berulir… ini tidak saya rekomendasikan, karena baunya amis tidak segar.

Dan… begini respon customer:

joel-telurkukus

Advertisements
 
6 Comments

Posted by on November 22, 2009 in telur, veggie

 

Tags: , ,

6 responses to “Telur Kukus Jamur

  1. adrianna

    January 1, 2010 at 9:24 pm

    kalo pake ricecooker ngukusnya gimana ya mba? 😀
    saya ga ada kukusan.. punyanya rice cooker aja

     
    • me

      January 2, 2010 at 4:13 pm

      Ricecooker? hmmm.. sepertinya bukan ide yang bagus :d hohohoho..
      Mungkin bisa coba pake cara tim (kalo bahasa inggris mau dikukus ato ditim dua2nya disebut steam ya?). Jadi cangkirnya yang udah ditutup aluminium foil, didudukin di panci yang dah dikasih air. Kalo dah coba kabarin ya berhasil apa engga 😀

       
      • adrianna

        January 3, 2010 at 9:25 am

        wah, saya ga punya panci dan sejenisnya mba… soalnya saya tinggalnya di dormitory, jadi ga boleh pake kompor 😀
        tapi btw.. telur kukusnya sukses nba 😀
        meski tidak seindah punya mba, hahaha
        http://cookingceria.wordpress.com

         
      • me

        January 4, 2010 at 10:32 am

        Hi Adrianna, aku dah liat foto telur kukusmu. Kayaknya kalo pake rice cooker hasilnya jadi terlalu kering ya? Ato kasih airnya kedikitan? Harusnya teksturnya mirip tahu sutra, lembut2 lembek gitu :p…
        rice cooker ok juga kan buat masak nasi hainam, nasi uduk, dll.
        Nah, sekarang tinggal bikin nasi liwet ala Solo d pake rice cooker… dah pernah? enak lo..

         
      • adrianna

        January 5, 2010 at 12:29 am

        kayaknya si airnya kedikitan ya mba (blush) tnyata air dikit itu ngaruh ya,,,hahaha
        gimana mba cara bikin nasi hainam… mauu dong resepnyaaa…
        tapi bumbunya jangan susah2 ya mba, hehe

         
      • me

        January 5, 2010 at 5:52 pm

        hehheehhee… ngaruh dong airnya…
        nasi hainam tapi harus ada ayamnya dong ya… mau bikin ayam rebus pake apa dong kalo ga ada kompor? :D… hmmm.. ato lauknya (ayam rebus/panggang) beli aja ndiri?
        nasi hainam tuh butuh beras, tumisan bawang putih+ jahe, ama kaldu ayam yang banyak (untuk masak berasnya). ga tau d apa bisa diganti bubuk2an..
        kalo nasi liwet solo lebih memungkinkan sepertinya, tinggal pake santan instan dan bbrp bumbu lain.

         

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: